About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Perbedaan Write dan Writeln pada Pemrograman Pascal

Share Share Share

Perbedaan Write dan Writeln pada Pemrograman Pascal – Dalam bahasa pemrograman pascal terdapat 2 buah perintah yang dapat digunakan untuk menampilkan output berupa tulisan pada layar, yaitu write dan writeln. kedua perintah tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada hasil output yang akan ditampilkan. berikut ini perbedaan antara perintah write dan writeln dalam bahasa pemrograman pascal.

Perintah write digunakan untuk menampilkan output pada layar berupa tulisan yang berada dalam satu baris yang sama, atau bisa disebut dengan “In Line”.

 

Contoh Program pascal menggunakan Write

uses crt;
begin
	write(1);
	write(2);
	write(3);
readln;
end.

jika kalian mencoba menjalankan contoh program diatas, maka tampilan yang akan dihasilkan berupa tulisan angka yang berada dalam satu baris.

 

sedangkan perintah writeln digunakan untuk menampilkan output pada layar berupa tulisan yang kemudian akan membuat sebuah baris baru pada baris berikutnya, sehingga tulisan yang ada setelahya akan berada pada baris dibawahnya, atau bisa disebut dengan “New Line”. writeln sendiri merupakan singkatan dari Write-Line, ini sesuai dengan cara kerja dari perintah tersebut yaitu menulis kemudian membuat baris baru.

 

Contoh program pascal menggunakan Writeln

uses crt;
begin
	writeln(1);
	writeln(2);
	writeln(3);
readln;
end.

setelah mencobanya, silahkan kalian amati perbadaan dengan tampilan contoh program menggunakan perintah write yang kalian buat sebelumnya. perbadaannya sangat jelas, tulisan angka yang dihasilkan akan berada dalam baris yang berbeda.

 

Perbedaan Write dan Writeln

dari 2 contoh program yang telah kita coba praktekan sebelumnya, dapat kita simpulkan perbedaan antara perintah write dan writeln dalam bahasa pemrograman pascal yaitu, perintah write akan menampilkan tulisan pada layar dalam satu baris yang sama, sedangkan perintah Writeln akan menampilkan tulisan pada layar dan kemudian membuat baris baru, sehingga tulisan setelahnya akan berada pada baris berikutnya.

 

itulah perbedaan dari perintah write dan juga writeln dalam bahasa pemrograman pascal, memang cukup sulit untuk menjelaskan perbedaan keduanya, namun akan mudah dipahami apabila kalian mencoba melakukan latihan membuat contoh program menggunakan masing-masing perintah.



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments