About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Pengalaman Menjadi Penguji UKK SMK Jurusan TKJ

Share Share Share

Pengalaman Menjadi Penguji UKK SMK Jurusan TKJ – UKK (Uji Kompetensi Keahlian) merupakan ujian spesial khusus bagi pelajar SMK, dimana siswa benar2 diuji kemampuannya dalam bidang keahlian yg sesuai dengan jurusannya masing-masing. Perlu kalian ketahui, dalam UKK biasanya terdapat 2 orang Penguji, yaitu internal Dan Eksternal. Penguji internal adalah Penguji yang berasal dari sekolah itu sendiri (guru produktif), sedangkan Penguji Eksternal adalah Penguji yg berasal dari luar sekolah, bisa ahli/orang yg bekerja sesuai bidang yg akan diujikan, Serta diutamakan memiliki sertifikasi pada bidang tersebut.

 

Menjadi Penguji Eksternal UKK

Awal bulan april lalu, saya mendapat kesempatan mencoba untuk menjadi seorang Penguji eksternal UKK Jurusan TKJ di sebuah SMK di kota saya. dilaksanakan dalam 8 sesi, selama 4 Hari.

Ini merupakan pengalaman baru sekaligus tantangan bagi saya. Kebetulan untuk jurusan TKJ, yang diujikan adalah soal UKK paket 2, seputar MIKROTIK persis dengan yang dahulu pernah saya kerjakan saat akan lulus dari SMK, hehhe.

Meski sudah pernah mengerjakan soal semacam ini, Karena setelah lulus dari SMK saya sudah jarang berurusan dengan perangkat MIKROTIK, alhasil banyak materi yang sudah samar-samar terlupakan. Akhirnya saya berusaha mempelajari kembali sedikit tentang mikrotik, sekedar untuk mengingat materi yg pernah dipelajari dahulu.

 

Tugas Penguji Eksternal UKK SMK

Karena ini adalah pengalaman pertama, membuat saya harus banyak belajar bagaimana menjadi seorang Penguji yg baik. Dari Penguji internal-lah saya banyak belajar tentang pelaksanaan UKK. Berikut adalah rincian yang harus saya kerjakan ketika menjadi Penguji UKK berdasarkan pengalaman waktu itu.

 

  • Mengisi Berita Acara

Setiap Penguji akan mendapat sebuah amplop coklat yang berisi Absensi Peserta, Berita Acara, dan Lembar Penilaian. untuk bagian ini kita hanya perlu melengkapi isian pada Berita Acara, kemudian memberikan tanda tangan

 

  • Menguji Peserta UKK

inilah tugas inti dari seorang penguji. setelah peserta selesai mengerjakan soal ujian, selanjutnya adalah tugas kita menguji hasil pekerjaan mereka.

melakukan pengujian tidaklah sulit, kita hanya perlu meminta peserta menunjukan hasil pekerjaan mereka, kemudian mencocokannya dengan ketentuan yang ada pada soal.

Kita pun dapat menguji peserta secara lisan dengan memberikan mereka pertanyaan-pertanyaan mengenai pekerjaan mereka. bagian inilah yang menurut saya sangat menyenangkan, karena kita dapat langsung berinteraksi dengan siswa peserta UKK.

 

  • Mengisi Lembar Penilaian Peserta UKK

bagi saya ini tugas yg cukup sulit, karena harus berusaha untuk bisa memberikan penilaian yang se-objektif mungkin, sesuai hasil pekerjaan peserta.

setiap peserta memiliki lembar penilaiannya masing2. dalam lembar penilaian tersebut sudah terdapat indikator2 beserta bobot nilainya. tugas kita hanya memberikan tanda centang (sangat baik, baik, belum mampu) pada indikator penilaian sesuai kemampuan peserta. Aspek yg dinilai adalah Pengetahuan, Pelaksanaan, dan Hasil.

kemudian kita juga harus mengolah nilai tersebut sesuai perhitungan yang sudah ditentukan hingga menghasilkan nilai akhir berupa bilangan bulat. cukup melelahkan.

 

sesuai pengalaman saya, kurang lebih begitulah tugas yang harus dikerjakan oleh seorang penguji eksternal ukk. dan perlu kalian ketahui dalam 1 sesi pelaksanaan UKK, peserta diberikan jatah waktu pengerjaan kurang lebih 4 Jam lamanya, maka selama itu pula kalian perlu “standby” di laboratorium dari awal hingga akhir sesi. tapi jangan khawatir, karena berdasarkan pengalaman saya waktu itu, kita akan disediakan makan siang serta snack, kue dan kopi gratis untuk menemani, heheheh.

sungguh kesempatan yang sangat langka bisa menjadi penguji eksternal ukk, sekaligus menjadi ajang nostalgia dan pengalaman yang menyenangkan bagi saya.



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments