About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Pengertian Algoritma dan Contohnya

Share Share Share

Pengertian Algoritma dan Contohnya – Algoritma tidak hanya digunakan dalam ilmu komputer saja, dalam kehidupan sehari-haripun terkadang ada beberapa hal yang berkaitan dengan “Algoritma”. Kata Algoritma sendiri berasal dari nama seorang ilmuwan muslim dari daerah bukhara yang bernama Abu Ja’far Muhammad bin Musa Al Khawarizmi, atau biasa dikenal dengan Al Khawarizmi (orang barat menyebutnya Algorism).

Algoritma sangat erat kaitannya dengan ilmu kompter khususnya bidang programming, sehingga tak jarang ada yang mengatakan bahwa “Algoritma merupakan jantungnya Ilmu Komputer”.

dalam artikel ini hanya akan membahas Algoritma dan contohnya secara umum, untuk mempelajari Algoritma dalam Bahasa Pemrograman silahkan baca Artikel : Penerapan Algoritma dalam Bahasa Pemrograman.

 

1. Pengertian Algortima
Secara singkat, Algoritma dapat diartikan sebagai langkah-langkah logis dalam menyelesaikan masalah. dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Algoritma diartikan sebagai urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan Pengertian Algoritma menjadi :

Algoritma adalah urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan.

“langkah-langkah logis” adalah kata kunci yang tepat agar kalian mudah mengingat definisi dari Algoritma.

 

2. Contoh Algoritma
seperti penjelasan diawal, algoritma itu tidak hanya berkaitan dengan ilmu komputer saja, oleh karena itu biasanya untuk mempermudah memahami Algoritma, pengajar memberikan contoh permasalahan yang diambil dari kehidupan sehari-hari. seperti pada contoh berikut ini.

 

Problem : Bagaimana Membuat Telur Dadar ?
Algoritma :
1. Siapkan Telur dan Garam
2. Masukan Telur Kedalam Mangkuk
3. Masukan Garam Secukupnya kedalam mangkuk
4. Aduk Telur dan Garam dalam mangkuk Hingga tercampur rata
5. Goreng Adonan telur didalam minyak panas.
6. Tunggu selama 2 menit
7. Telur dadar telah matang dan siap disajikan.

 

Langkah dari Nomor 1 hingga 7 merupakan algoritma, dan jika langkah-langkah ini dilaksanakan (proses), maka akan menyelesaikan problem bagaimana membuat telur dadar.

Karena Algoritma merupakan hasil dari pemikiran per-individu dan dalam penulisannya tidak ada bahasa ataupun notasi khusus, maka setiap orang bisa saja membuat atau menggunakan Algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan masalah yang sama.

Maka dari itu, perlu adanya pertimbangan dalam memilih Algoritma untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma yang baik tentunya akan memberikan hasil yang benar serta efisien.

Soal Algoritma

setelah membaca dan memahami pengertian Algoritma beserta contohnya, sekarang coba kalian jawab teka-teki dari code.org diatas. bisakah kalian menebak langkah apa yang tepat untuk melengkapi langkah kosong pada Algoritma menanam bibit diatas ? silahkan kalian tulis jawaban kalian melalui kolom komentar dibawah artikel ini ya.

 



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments