About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Jangan Lupa Belajar Ilmu Pengangguran

Share Share Share

Sebenarnya, artikel ini adalah pesan untuk saya pribadi, karena saat ini sedang libur semester, hehehe. Banyaknya waktu luang ketika libur ini membuat saya sempat berfikir ternyata ketika menjadi mahasiswa, kita bukan hanya bisa mempelajari ilmu akademik, organisasi, hardskill, dan softskill, tapi kita juga memiliki kesempatan untuk belajar “ilmu pengangguran”.

hah, emang ada ilmu pengangguran? ya, bagi saya pengangguran itu memang ada ilmunya.

secara sederhana, ilmu pengangguran adalah ilmu yang mempelajari bagaimana kita memanfaatkan waktu ketika menganggur sehingga menjadi tetap produktif dan bermanfaat.

 

Simulator Pengangguran

Bagi saya, kesempatan yang paling baik untuk mempelajari ilmu pengangguran ini adalah ketika kita masih menjadi mahasiswa, tepatnya pada saat liburan.

kenapa bisa saya katakan begitu?, yang jelas karena mahasiswa itu punya waktu luang yang banyak, apalagi waktu libur semester, bisa dapat waktu libur 1 bulanan. Persis seperti orang yang sedang menganggur (simulator pengangguran, hehehe). nah, di situlah kesempatan untuk kita mendapat dan mempelajari “ilmu pengangguran”.

Beberapa teman saya yang telah lulus bercerita, sebelum mendapat pekerjaan mereka sudah melewati masa-masa nganggurnya kurang lebih 1-3 bulan setelah wisuda, itu mirip sekali dengan jangka waktu libur semester.

maka dari itu, saat masih menjadi mahasiswa, kita juga harus belajar dan berlatih “ilmu menganggur”, agar kita tau bagaimana cara kita memanfaatkan waktu luang dan masa liburan, sehingga tetap bisa produktif di waktu libur. Dan yang perlu kalian ingat bahwa produktif itu bukan melulu soal uang.

 

Waktu Libur Adalah Cerminan

Bagaimana kita menghabiskan waktu libur kuliah, begitulah cerminan kita waktu lulus nanti dan bertemu dengan masa-masa menjadi pengangguran. Kalau hari-hari kita di waktu liburan hanya diisi dengan rebahan, tidur dan main hp saja, sangat besar kemungkinan waktu masa-masa pengangguran setelah lulus nanti juga akan begitu.

kalau kita sudah menguasai ilmu pengangguran sehingga bisa memanfaatkan waktu libur dengan sangat baik, diharapkan ketika lulus dan terpaksa harus melewati masa pengangguran nanti, kita sudah terlatih dan mampu memanfaatkan waktu luang itu dengan sebaik-baiknya juga.

 

jadi, untuk saya dan kita semua, jangan lupa untuk belajar dan berlatih ilmu pengangguran, ya ! , memang kita semua berharap setelah lulus bisa secepatnya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, tapi kalaupun memang setelah lulus kita harus menganggur, maka tidak usah panik dan merasa diri tak berguna. manfaatkan saja ilmu pengangguran yang sudah kita latih selama waktu libur semester. Anggap saja menganggur adalah masa liburan sebelum kita memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments