About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Cara Mudah Install MIKROTIK Router OS

Share Share Share

Cara Mudah Install Mikrotik Router OS – Mikrotik RouterOS adalah versi software dari Mikrotik RouterBoard, versi software-nya ini berupa Sistem Operasi yang sudah siap untuk dinstallkan. dengan sistem operasi ini, komputer kalian hanya akan dapat difungsikan sebagaimana halnya “Mikrotik Routerboard”. untuk kalian yang ingin coba mempelajari atau bahkan sedang butuh untuk tau cara menginstall Mikrotik RouterOS ini, silahkan cermati baik2 pembahasan saya kali ini ya. sebelum masuk tahap pertama, sebaiknya kalian sudah memiliki file Installer Mikrotik RouterOS. Buat yang belum punya

Installer MIKROTIK RouterOS dapat kalian download melalui situs resminya di http://www.mikrotik.com/download/

ukuran file installernya cukup kecil, tidak lebih dari 35MB. Setelah didownload, silahkan kalian burning file installernya ke CD/DVD atau flashdisk untuk dibuat bootablenya.

 

1. Siapkan Komputer/PC yang akan di Installkan Mikrotik RouterOS

Pastikan komputer/pc yang akan diinstall dalam keadaan baik, jangan khawatir dengan spesifikasi komputer/pc kalian, karena Mikrotik RouterOS ini dapat bejalan pada spesifikasi yang minim. Sebelum install pastikan data-data kalian yang ada di hardisk komputernya dibackup dulu, karena mikrotik routerOS ini akan memformat habis seluruh isi hardisk komputer kalian menjadi satu partisi yang akan di isi dengan RouterOS.

 

2. Booting melalui Installer Mikrotik RouterOS

Lakukan konfigurasi booting pada BIOS agar komputer/pc kalian dapat booting melalui CD/DVD/Flashdisk Installer Mirotik RouterOS.

 

3. Pilih Paket-paket yang di Butuhkan dan Install Mikrotik

Jika kalian berhasil booting melalui Installer mikrotik, kalian akan mendapati tampilan awal installasi mikrotik, disini kalian dapat memilih paket-paket apa saja yang akan diinstall.
Pilih Paket-Paket yang dibutuhkan Mikrotik

 

Tekan tombol “A” pada keyboard untuk otomatis memilih semua paket yang tersedia (ditandai dengan simbol “X”),  atau kalian juga dapat memilih sendiri paket-paket yang kalian butuhkan saja.

kalau sudah dipilih2 paketnya, selanjutnya tekan tombol “i” untuk memulai installasi.

 

Install Mikrotik dan Konfirmasi Old Configuration

 

Setelah kalian menekan tombol “i” akan ada pertanyaan “Do you want to keep old configuration?” Jika ingin menyimpan konfigurasi sebelumnya tekan “y” atau jika tidak tekan “n”. untuk yang baru pertama kali install silahkan tekan “n”.

 

Konfirmasi Format Hardisk Mikrotik

 

Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa semua data yang ada dalam hardisk kalian akan di format, kalau sudah siap dan yakin tidak ada yang ketinggalan tinggal tekan “y” untuk melakukan format.

 

Format dan Install Mikrotik

 

Setelah proses format hardisk selesai, maka secara otomatis Mikrotik RouterOs akan memulai installasi pada komputer/pc kalian. proses installasi-nya cukup lama, bedasarkan pengalaman saat mencoba install di komputer sungguhan (bukan virtualbox).

 

Reboot Mikrotik

 

Setelah kalian menunggu entah beberapa lama, proses installasi akan selesai ditandai dengan munculnya tulisan “Software installed, Press ENTER to reboot”, tekan tombol ENTER untuk reboot (saat reboot, keluarkan CD Installer Mikrotiknya dari CD/DVD ROM).  nah sampai disini Mikrotik RouterOS sudah berhasil di installkan pada komputer kalian dan siap untuk di pakai.

 

4. Masuk Login Mikrotik

Login Mikrotik

 

gambar diatas itu adalah tampilah login mikrotik routerOS,  silahkan kalian masukan nama Login dan password mikrotiknya, secara default mikrotik mengatur loginnya sebagai berikut :

Mikrotik Login: admin
Password: [kosong, tidak perlu di-isi]

kalau kalian sudah berhasil login mikrotiknya, kalian akan masuk ke tampilan awal Mikrotik RouterOS ini, untuk yang pertama kali menjalankan Mikrotik RouterOS pasti akan ditanya “Do you want to see the software license ?” tekan “Y” untuk melihat isi lisensinya atau tekan “N” untuk tidak. kalian tekan saja tombol “N” karena saya tau kalau kalian pada malas baca itu yang namanya “SOFTWARE LICENSE”.

 

Tampilan Awal Mikrotik

 

nah bicara soal lisensi mikrotik nih, ada informasi tambahan, saat pertama kali melakukan installasi Mikrotik RouterOS kalian otomatis akan mendapatkan Lisensi “GRATIS” kelas 1, tapi hanya untuk pemakaian aktif selama 24 Jam. nah untuk menggunakan full fiturnya Mikrotik RouterOS ini kalian harus menggunakan lisensi yang lebih tinggi dan berbayar.

 

Install Mikrotik Selesai

 



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments