About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Cara Konfigurasi IP Address Pada Debian

Share Share Share

Cara Konfigurasi IP Address Pada Debian – Sebelum sistem operasi debian dapat terhubung ke sebuah jaringan, tentunya terlebih dahulu perlu dilakukan konfiguarasi IP Address. Konfigurasi IP Address pada debian dapat dilakukan melalui mode Desktop GUI ataupun mode CLI (Command Line). dalam artikel ini akan menunjukan bagaimana cara melakukan konfigurasi IP Address Debian melalui CLI atau Terminal.

Karena yang dibahas pada artikel ini adalah debian, itu artinya cara konfigurasi IP Address pada artikel ini juga dapat kalian terapkan pada semua varian linux yang berbasis debian.

 

1. Gunakan Akses User root (#)

pastikan terlebih dahulu bahwa kalian telah menggunakan akses root (#), yang akan digunakan selama melakukan konfigurasi IP Address

 

2. Buka File Konfigurasi Network Debian

File konfigurasi network pada debian bernama “Interfaces”, file ini terletak pada direktori sistem “/etc/network” Untuk membuka file konfigurasi tersebut ketik perintah :

nano /etc/network/interfaces

 

3. Mengatur Konfigurasi IP Address Debian

Setelah kalian berhasil membuka file konfigurasi network tadi, maka akan muncul beberapa baris konfigurasi awal (default) dari network debian seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

 

Konfigurasi default networking debian

 

Yang perlu kalian edit yaitu pada bagian interface aktif yang ingin kalian atur IP Addressnya. dalam tutorial ini yang akan di konfigurasi adalah interface “eth0”.  Tambahkan detail ip address, netmask, dan gateway pada eth0. sehingga menjadi seperti berikut :

#The primary network interfaces
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.1.20
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.1.1

Konfigurasi IP ini disesuaikan dengan kebutuhan kalian ya. jika kalian sudah yakin dengan konfigurasi yang kalian buat, selanjutnya tekan “CTRL + X” -> “Y” lalu tekan ENTER untuk menyimpan konfigurasi.

 

4. Restart Service Network Debian

Yang terakhir, untuk menerapkan konfigurasi yang baru saja kalian ubah, silahkan restart  network debian dengan cara mengetik perintah :

/etc/init.d/networking restart

Atau dapat juga menggunakan perintah :

service networking restart

 

5. Pengujian Koneksi

untuk pengujian, terlebih dahulu kalian lihat IP Address pada debian, apakah sudah berubah sesuai dengan konfigurasi IP yang kalian buat sebelumnya ?? Cara mengetahuinya dengan mengetik perintah :

ifconfig eth0

 

Ifconfig

Perhatikan pada baris inet addr:192.168.1.20 Bcast:192.168.1.255 Mask:255.255.2255.0 Pastikan bahwa detail IP Address yang ditampilkan sesuai dengan konfigurasi yang kalian lakukan.

setelah itu coba lakukan ping ke alamat IP host lain yang sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama. Pastikan hasilnya “Reply”.

 

Tambahan : cara diatas adalah cara untuk mengkonfigurasi IP Address debian secara Static (Manual), jika kalian ingin mendapatkan IP Address secara Otomatis dari server DHCP, maka ada sedikit perbedaan pada konfigurasi yang dibuat. konfigurasinya harus diubah seperti pada gambar dibawah ini :

#The primary network interfaces
auto eth0
iface eth0 inet dhcp

Selesai sudah cara konfigurasi IP Address pada debian, memang sedikit rumit jika dilakukan dalam mode CLI, tapi itulah tantangannya. jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom kometar dibawah artikel ini ya.



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments