About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Mengakses Localhost Melalui Internet Menggunakan Ngrok

Share Share Share

Mengakses Localhost Melalui Internet Menggunakan Ngrok – Ketika sedang melakukan pengembangan sebuah web, terkadang kita perlu mencoba mengakses web tersebut melalui perangkat lain sebagai tahapan “Testing” sebelum melakukan deploy ke hosting yang sesungguhnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah web kita dapat berjalan dengan baik pada perangkat lain. Salah satu aplikasi yang dapat membantu kita dalam melakukan Testing semacam ini adalah, NGROK !

Saya pribadi baru mengenal aplikasi ngrok ini ketika saya mengerjakan project untuk sebuah website. Ketika masih dalam proses pengembangan saya diminta untuk menunjukan sementara hasil pekerjaan saya. Daripada saya harus ribet mengupload project saya ke hosting atau melakukan banyak screenshot, jadi saya gunakan aplikasi ngrok agar web yang sedang saya kerjakan di server lokal dapat diakses oleh klien/rekan kerja melalui internet tanpa perlu mengupload web tersebut ke hosting.

 

Jadi, Apa itu ngrok ?

Ngrok adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk meng-ekspos server lokal ke jaringan internet melalui secure tunnel. Dengan menggunakan ngrok, maka server lokal (localhost) anda akan dapat diakses secara online melalui internet. Aplikasi ngrok sangat cocok digunakan untuk kebutuhan “Testing” atau “Demo” sebuah web tanpa harus melakukan deploy ke hosting sesungguhnya.

Pada artikel ini saya akan menunjukan dasar cara penggunaan ngrok. Sebelum itu saya ingin mengingatkan tutorial ngrok pada artikel ini saya tulis untuk penggunaan pada GNU/Linux, adapun untuk penggunaannya pada Windows atau Mac maka caranya tidaklah jauh berbeda.

 

Cara Download Ngrok

Ngrok dapat kalian download melalui situs resminya di https://ngrok.com/download kemudian ekstrak (unzip) dan pindahkan filenya ke dalam direktori dimana kalian ingin meletakkan ngrok. Sebagai contoh saya letakkan file ngroknya di dalam direktori “/home/muhammad/ngrok”.

Ngrok Direktori

 

Menjalankan Ngrok di Linux

Ngrok dijalankan Melalui terminal. Silahkan buka terminal, kemudian masuk ke direktori tempat kalian meletakan file ngrok :

cd /home/muhammad/ngrok

 

Setelah itu jalankan ngroknya menggunakan perintah :

./ngrok http 80

perintah tersebut akan meng-ekspos seluruh localhost kalian (pada port 80) ke jaringan internet.

 

Jika berhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut :

ngrok by @inconshreveable                                       (Ctrl+C to quit)

Session Status                online
Session Expires               7 hours, 59 minutes
Version                       2.3.35
Region                        United States (us)
Web Interface                 http://127.0.0.1:4040
Forwarding                    http://f03e8731.ngrok.io -> http://localhost:80
Forwarding                    https://f03e8731.ngrok.io -> http://localhost:80

Connections                   ttl     opn     rt1     rt5     p50     p90

 

Baris yang berwarna merah adalah URL untuk mengakses localhost kalian melalui internet, silahkan kalian coba akses url tersebut.

Selamat ! kalian sudah berhasil mengakses localhost melalui internet. Sekarang seluruh project web yang ada di localhost kalian dapat diakses secara online. yang perlu kalian ingat, “tunnel” ini tidak berlaku selamanya, sehingga apabila sesinya habis atau kalian menghentikan terminal ngroknya, maka tunneling akan berhenti.

 

Begitulah cara mengakses localhost melalui internet menggunakan ngrok. untuk dokumentasi lengkap penggunaan ngrok kalian bisa lihat di situs resminsnya melalui alamat : https://ngrok.com/docs



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments