About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Membuat Database Menggunakan Microsoft Access

Share Share Share

Membuat Database Menggunakan Microsoft Access – Untuk membuat sebuah Database menggunakan Microsoft Access, kalian hanya perlu membuat sebuah file database baru, kemudian menambahkan beberapa table serta mengatur kolom-kolom yang ada pada table tersebut. Agar dapat mempraktikannya, kalian harus memiliki aplikasi Microsoft Access yang telah terinstall pada perangkat kalian dan siap digunakan. Pada artikel ini akan menggunakan Microsoft Access 2010, jika kalian menggunakan versi Micorosft Access yang lebih baru ataupun lebih lama, itu tidak akan terlalu banyak perbedaan, paling tidak hanya tampilan atau tata letak menunya saja yang berbeda.

 

Memulai Microsoft Access

Buka terlebih dahulu Microsoft Access yang telah terinstall pada perangkat kalian. setelah Microsft Access berhasil terbuka, secara otomatis akan berada pada tampilan “New Database” seperti pada gambar dibawah ini

Database Baru Access

pada kolom “File Name” isikan nama database yang akan kalian buat, sebagai contoh “db_penjualan.accdb”. perhatikan pada akhir nama file, “.accdb” merupakan format database access 2007 keatas, jika kalian ingin membuat database dengan format Access 2003, gunakan format “.mdb”. jika sudah, klik tombol “Create”.

secara otomatis file database yang kalian buat akan disimpan dalam direktori user Documents, silahkan cek pada direktori tersebut. contoh : C:\Users\Niko\Documents\

 

Membuat Table

setelah kalian membuat Database baru, maka akan muncul sebuah table baru dengan nama “Table1”, silahkan kalian simpan table tersebut dengan cara, Tekan CTRL + S pada keyboard, kemudian berikan nama untuk table baru kalian, sebagai Contoh “T_Barang”, Klik “OK”.

sekarang kalian telah memiliki 1 buah table di dalam database, jika ingin menambahkan Table baru lagi dapat dilakukan dengan cara, pilih menu “Create” lalu klik “Table”.

 

Mengatur Field (Kolom)

jika table berhasil dibuat, selanjutnya adalah mengatur kolom-kolom (field) pada table tersebut dengan cara, klik tombol “View” pilih “Design View”.

Membuat Database Acess

Setelah itu kalian akan masuk pada tampilan Design Table. Pada bagian “Field Name” silahkan kalian isi dengan nama kolom yang akan dibuat. sebagai contoh, buat 3 Buah Kolom yaitu : kode_barang, nama_barang, harga_barang

Membuat Database Access

sedangkan pada bagian “Data Type” sesuaikan dengan jenis data yang nantinya akan disimpan dalam kolom tersebut. Simpan kembali database kalian, tekan “CTRL + S” pada keyboard.

sampai di sini, sebenarnya database kalian telah selesai dibuat dan siap untuk digunakan.

 

Mengisi Table

Kalian juga dapat mengisi table dari database secara manual. caranya, Klik tombol “View” kemudian pilih “Datasheet View”. setelah itu kalian dapat mengisi table kalian dengan data yang diinginkan.

Membuat Database Access

 

 



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments