About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Cara Mudah Periksa Tampilan Responsive Website

Share Share Share

Cara Mudah Periksa Tampilan Responsive Website – sudah 2 bulan lebih ya saya gak nulis artikel disini, bukan karena saya diterkam godzilla di persimpangan jalan sih dan bukan juga karena saya males nulis di blog ini, hanya saja akhir-akhir ini saya lagi “kalang-kabut” dalam persiapan kuliah saya.

jadi untuk mengawali bulan ini , saya akan tulis artikel yang “agak ringan” dulu deh untuk kalian yang ingin tau Gimana sih cara mudah untuk periksa Tampilan Responsive Website ?

 

1. Menggunakan Fitur Zoom-in dan Zoom-out browser

cara pertama ini adalah yang paling sering saya lakukan untuk memeriksa tampilan responsive sebuah website. walaupun bisa jadi cara ini masih kurang efektif.

Cara memeriksanya adalah dengan menekan tombol zoom-in (‘CTRL’ beserta tombol ‘+’) untuk melihat tampilan website kalian dalam resolusi layar yang lebih kecil dan sempit (Smartphone, tablet, dll)

atau tekan tombol zoom-out (‘CTRL’ beserta tombol ‘-‘) untuk melihat tampilan website kalian dalam resolusi layar yang lebih luas dan besar (Laptop, PC, TV)

 

Tampilan Website Responsive

 

nah, jika saat kalian lakukan zoom-in dan zoom-out tampilan website kalian dapat otomatis menyesuaikan dan masih terta rapi tanpa ada konten yang ‘keluar jalur’ berarti website kalian sudah Responsive dan Mobile-Friendly ! keren ! (seperti gambar tampilan blog saya diatas saat di-zoom-in 200x)

 

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara yang kedua yaitu melakukan pemeriksaan tampilan responsive menggunakan bantuan aplikasi, banyak sekali aplikasi-aplikasi web yang dapat saya temukan di google yang dapat membantu memeriksa tampilan responsive website kalian loh, contoh yang paling terkenal adalah “Mobile-Friendly Test“, milik google. ada juga yang lain seperti Responsinator, screenfly, responsivetest.net, dll.

 

Uji Responsive Website Menggunakan Google

 

Buka saja salah satu website penyedia aplikasi tersebut, kemudian masukan url website yang akan kalian periksa pada form yang tersedia, tekan enter, maka aplikasi akan otomatis memeriksa ke-responsive-an tampilan website tersebut. kalian bisa coba semuanya deh kalau kalian mau 🙂

 

3. Langsung Periksa melalui device yang kalian miliki

ini adalah cara terakhir yang menurut saya juga cukup cepat, karena kalian hanya perlu membuka website kalian melalui device yang kalian miliki, bisa melalui smartphone, laptop, atau device apa saja yang kalian miliki dengan resolusi layar yang berbeda.

 

Menggunakan Beragam Device

 

nah, jika saat di buka tampilan website kalian tetap tertata-rapi dan tidak ada konten yang ‘keluar jalur’ berarti tampilan website kalian sudah responsive ! selamat !

 

Jadi ketiga cara itulah yang menurut saya Cepat dalam melakukan test terhadap tampilah responsive sebuah website, kalo kalian punya cara lain yang mungkin lebih cepat dari cara-cara diatas, silahkan kalian kasih tau saya melalui komen section dibawah artikel ini. oke, sekian dulu artikel saya kali ini, terimakasih.



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comments


  • Anonim says:

    di browser saya kok gak bisa gan??