About Contact Disclaimer Privacy Policy
.web.id Just My Simple Artwork

Cara Memunculkan Tanda Bintang Saat Input Password Pada Terminal Linux

Share Share Share

Cara Memunculkan Tanda Bintang Saat Input Password Pada Terminal Linux – Secara default pada saat kalian “menginput” atau mengetikkan password user pada terminal linux tidak akan memunculkan karakter apa-apa, alias kosong. Padahal pada umumnya, kalau kita melakukan input password itu biasanya akan ada karakter yang muncul, entah itu simbol “ dot”, “bintang asterik”, atau bahkan mungkin simbol klen uciha.

Sebenarnya linux (setau saya yang turunan debian) sudah memiliki fungsi ini, namanya “pwfeedback” hanya saja secara default di non-aktifkan, karena mungkin saja untuk alasan KEAMANAN.

jadi kalau kalian ingin memunculkan karakter bintang atau astrik saat memasukkan password pada terminal linux ya tinggal aktifkan saja “pwfeedback”-nya, caranya cukup mudah.

 

1. Buka Terminal

Langkah pertama tentu saja membuka terminal linux kalian, kemudian wajib kalian gunakan akses user “root” (#) dengan mengetikkan perintah : “sudo su”.

 

2. Buka file konfigurasi “sudoers” menggunakan “visudo”

Fungsi Pwfeedback ini diatur dalam File yang namanya “sudoers”, tepatnya di “/etc/sudoers.tmp”. Untuk membuka file ini harus melalui perintah “visudo”. Filenya tidak dapat dibuka Kalau kita mencoba menggunakan selaain perintah itu. Jadi harus kalian Ketik-kan perintah : “visudo”

 

Perintah visudo

 

 

3. Mengaktifkan “PWFEEDBACK”

Yang terakhir adalah mengaktifkan “pwfeedback”-nya dengan cara menambahkan perintah : “Defaults pwfeedback” di atas baris “Defaults env_reset”. Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan, kemudian simpan dengan cara menekan tombol “CTRL + X” pada keyboard. Udah deh, tinggal kalian restart, kemudian coba deh.

 

Mengaktifkan PWFEEDBACK

 

ini hasilnya guys, punya saya.

Password Linux

 

Ya, jadi begitu lah bagaimana cara Memunculkan Tanda Bintang Saat Input Password Pada Terminal Linux. Tutorial ini ditulis berdasarkan percobaan pada linux peppermint varian dari ubuntu. Jika kalian sudah mencoba tutorial ini di varian linux lain silahkan kalian kasi tau saya berhasil atau tidaknya melalui kolom komentar dibawah artikel ini ya.



Share Share Share


Muhammad Niko

Mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi, Alumni SMK Negeri jurusan Teknik Komputer & Jaringan, Memiliki minat yang tinggi terhadap IT khususnya pada bidang Web Desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Comments